THEODOOR VAN ERP

Theodoor van Erp yang lahir di Ambon, 26 Maret 1874 merupakan orang yang berjasa memimpin pemugaran Candi Borobudur tahun 1907-1911. Pada awal karirnya sebagai seorang serdadu dia sempat di kirim ke Aceh Utara ketika pecah perang Aceh. Setelah naik pangkat menjadi Letnan I dia kemudian dipindahtugaskan ke Magelang yang merupakan basis militer. Sebagai tentara di bidang teknik, dia ikut merancang bangunan masjid Raya Al Mashun di Medan dan penyelesaian Benteng Pendem di Cilacap. Keterlibatan van Erp dalam pemugaran candi dimulai dengan membantu penyelamatan dan pemelihraan Candi Siwa komplek Candi Prambanan dan Candi Induk Sewu tahun 1902-1903. Selanjutnya dia juga terlibat pada pemugaran Candi Ngawen dan Selogriyo di Magelang dan Candi Pringapus di Temanggung.

Pada tahun 1907 van Erp memulai pekerjaan pemugaran setelah melakukan berbagai persiapan sebelumnya. Setelah menyelesaikan pemugaran Candi Borobudur di tahun 1911 ia mendapatkan berbagai penghargaan di antaranya pada tahun 1937 dan 1951. Pada tahun 1937 pemerintah Belanda menganugerahkan Ridder in de Orde van de Netherlandse Leeuw. Anugerah bintang tersebut diberikan atas jasa luar biasa dala ilmu pengetahuan dan seni, yang dalam hal ini diwakili dengan diselesaikannya pemugaran Candi Borobudur. Adapun pada tanggal 17 September 1951 van Erp menerima gelar Doctor Honoris Causa Fakultas Seni dan Filsafat Universitas Amsterdam.

Selain sebagai ahli pemugaran dan purbakala, van Erp juga merupakan seniman pelukis dengan berbagai karya lukisan dan poster. Theodoor van Erp wafat pada tanggal 7 Mei 1958 dan dimakamkan di Westerveld Cemetery dai Belanda.

Tags: No tags

Leave a Comment

Shopping Basket