SENTRIFIUS

Adalah alat yang digunakan untuk memisahkan partikel-partikel dari suatu fluida berdasarkan berat jenisnya dengan memberikan gaya sentripetal. Pada dasarnya sentrifius terdiri dari rotor yang berlubang-lubang untuk meletakkan wadah atau tabung yang berisi cairan dan sebuah motor yang dapat memutar rotor pada kecepatan yang dikehendaki. Prinsip sentrifius yaitu meletakkan sampel pada suatu gaya putar dengan kecepatan yang tinggi, sehingga terbentuk endapan partikel atau organel-organel berdasarkan berat molekulnya. Substansi hasil sentrifius terbagi menjadi dua, yaitu supernatant dan pellet. Supernatan adalah substansi hasil sentrifugasi yang memiliki bobot jenis yang lebih rendah. Sementara pellet adalah substansi hasil sentrifugasi yang mempunyai berat jenis lebih tinggi. Posisinya berada pada bagian bawah tabung, biasanya berupa endapan dan warnanya lebih keruh.

Ada beberapa syarat dan ketentuan dalam menggunakan sentrifius, yaitu:

  1. Berat tabung yang digunakan harus seimbang. Hal ini berpengaruh pada keseimbangan gaya sentrifugal. Jika tidak seimbang, dapat menyebabkan suspense menjadi rusak bahkan bisa terlempar keluar jika sentrifius tidak terkunci dengan rapat.
  2. Sentrifius harus dalam keadaan vakum. Supaya tidak ada lagi gesekan dengan udara dan suhu tidak naik ketika rotor berputar.
  3. Homogenasi dan fraksinasi substansi yang akan disentrifius.
Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shopping Basket