RELIEF

Adalah gambar timbul (pada candi dan sebagainya); pahatan yang menampilkan perbedaan bentuk dan gambar dari permukaan rata di sekitarnya.

Pada Candi Borobudur terdapat sekitar 1.460 adegan pada relief yang dipahatan di dinding candi. Relief-relief di Candi Borobudur yaitu :

  1. Relief Karmawibhangga

Terdapat pada kaki candi (Kamadhatu). Mengungkapkan tentang perbuatan manusia yang mengandung kebajikan maupun kejahatan, serta segala akibat dari perbuatan tersebut.

  1. Relief Lalitavistara

Dipahatkan pada dinding utama tingkat I, menceritakan tentang kehidupan Sang Buddha di Surga Tushita hingga menyampaikan khotbahnya yang pertama di Taman Rusa.

  1. Relief Jataka dan Avadana

Dipahatkan pada dinding utama lorong tingkat I, dan pagar langkan tingkat I dan II. Jataka adalah kisah tentang Boddhisattva yang mengalami kelahiran berulang kali dalam berbagai wujudnya untuk membantu manusia mencapai jalan kebuddhaan. Dalam kisah-kisah itu Sang Boddhisattva baik sebagai manusia maupun hewan selalu mencontohkan kepada kebenaran dan ajaran tentang dharma.

Sedangkan Avadana adalah cerita yang sama dengan Jataka. Hanya saja pelaku utamanya bukan Sang Boddhisattva melainkan tokoh lain atau hewan biasanya yang bukan jelmaan Boddhisattva.

  1. Relief Gandavyuha

Dipahatkan pada dinding utama lorong tingkat II. Melukiskan pengembaraan Sudhana dari satu guru ke guru lain dalam upaya mencapai kebuddhaan.

  1. Relief Bhadracari

Dipahatkan pada dinding utama lorong tingkat III dan IV maupun pada pagar langkan. Melukiskan usaha Sudhana untuk mencapai kebuddhaan berguru pada Boddhisatva Maitreya dan Boddhisatva Samanthabhadra yang akhirnya Sudhana memperoleh pencerahan dengan mencapai kebuddhaan.

Tags: No tags

Leave a Comment

Shopping Basket