MUFFLE FURNACE

atau tanur; tungku pembakaran; kiln; adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk pemanasan suhu tinggi. Nama itu berasal dari bahasa latin Fornax, yang serupa dengan oven. Kadang-kadang orang juga menyebutnya dengan kilnFurnace sendiri sering dianalogikan dengan tanur sebagai keperluan industri yang digunakan untuk banyak hal, seperti pembuatan keramik, ekstraksi logam dari bijih (smelting) atau di kilang minyak dan pabrik kimia lainnya.


Muffle furnace adalah tungku dimana bahan subyek dan semua produk pembakaran termasuk gas dan abu terisolasi dari bahan bakar. Setelah pengembangan pemanas listrik temperatur tinggi dengan elemen dan elektrifikasi yang berkembang di negara-negara maju, muffle furnace dengan cepat berubah ke listrik. Saat ini, muffle furnace biasanya berupa sebuah front-loading oven atau kiln untuk aplikasi suhu tinggi seperti industri kaca, menciptakan lapisan enamel, keramik dan barang solder atau mematri.

Muffle furnace juga digunakan dalam banyak penelitian, misalnya oleh ahli kimia untuk menentukan berapa proporsi sampel yang mudah terbakar dan non-volatile. Di laboratorium kimia muffle furnace digunakan untuk destruksi sampel batuan sebelum dilanjutkan untuk analisis komposisi.

Muffle furnace sekarang bisa menghasilkan kerja suhu sampai 1800 derajat Celcius, yang memfasilitasi aplikasi yang lebih canggih. Beberapa sampel yang diambil di Candi Borobudur untuk kegiatan monitoring juga didestruksi dengan bantuan furnace sebelum dianalisis.


Gambar alat muffle furnace

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shopping Basket