MOULD FUNGUS INCUBATOR

atau disingkat dengan MFI adalah alat yang digunakan untuk menginkubasi atau memeram mikroba pada suhu dan kelembaban yang terkontrol.

Alat ini dilengkapi dengan pengatur suhu, kelembaban, dan waktu. Semakin kecil ukuran inkubator semakin rentan pula perubahan suhunya ketika dibuka. Perlu dipertimbangkan pula keseragaman suhu yang ada di dalam dengan memperhatikan pola penempatan elemen pemanas atau terdapatnya kipas penyebar suhu. Pintu kaca yang terdapat pada beberapa model dibiarkan tertutup saat melihat biakan secara sekilas supaya tidak terjadi penurunan suhu.

Prinsip kerja dari inkubator adalah menginkubasi dengan menggunakan suhu tertentu dalam keadaan diam. Bagian-bagian dari inkubator adalah pintu inkubator, tombol panel berfungsi untuk mengatur suhu, kelembapan, dan waktu yang diperlukan, rak inkubator berfungsi sebagai tempat meletakkan bahan yang akan diinkubasi.

MFI digunakan untuk menginkubasi jamur dan bakteri yang berpotensi berbahaya bagi batuan Candi Borobudur. Tujuan inkubasi jamur dan bakteri batuan candi untuk menumbuhkan sebelum diteliti lebih lanjut.


AlatĀ Mould Fungus IncubatorĀ Balai Konservasi Borobudur

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shopping Basket