MANGGA

atau Mangifera indica merupakan salah satu termasuk tumbuhan tingkat tinggi yang struktur batangnya (habitus) termasuk kelompok arboreus, yaitu tumbuhan berkayu yang mempunyai tinggi batang lebih dari 5 m. Mangga bisa mencapai tinggi 10–40 m.

Nama buah ini berasal dari Malayalam maanga. Kata ini dipadankan dalam bahasa Indonesia menjadi mangga; dan pada pihak lain, kata ini dibawa ke Eropa oleh orang-orang Portugis dan diserap menjadi manga (bahasa Portugis), mango (bahasa Inggris) dan lain-lain. Nama ilmiahnya sendiri kira-kira mengandung arti: “(pohon) yang berbuah mangga, berasal dari India”. Berasal dari sekitar perbatasan India dengan Burma, mangga telah menyebar ke Asia Tenggara sekurangnya semenjak 1500 tahun yang silam.


Buah ini dikenal pula dalam berbagai bahasa daerah, seperti pelem atau poh (jawa). Di Candi Borobudur motif hias Pohon Mangga banyak terpahatkan di relief-relief candi, motif pohon ini pada umumnya dipahatkan secara utuh mencakup batang, dahan atau ranting, daun, dan buah yang dipahatkan secara detail.

Buah mangga biasa di dipahatkan dengan berbentuk lonjong memanjang, ujung buah cenderung meruncing dan membengkok. Daun mangga berbentuk daun tunggal tanpa daun penumpu dengan letak tersebar.


Pohon Mangga pada relief Candi Borobudur

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shopping Basket