LAMINAR AIR FLOW

atau LAF adalah meja kerja steril untuk melakukan kegiatan inokulasi/penanaman mikroorganisme. Alat ini biasa digunakan dalam kegiatan penginokulasian dan pemindahan suatu kultur bakteri, jamur, tanaman, dan ganggang yang berasal dari batuan candi Borobudur sebelum dilakukan identifikasi jenis.

Disebut sebagai Laminar Air Flow Cabinet dikarenakan alat ini mengalirkan udara steril terus-menerus melewati tempat kerja, sehingga tempat melakukan inokulasi tetap bebas dari debu, kotoran, dan spora-spora yang tidak diinginkan jatuh ke dalam medium.


Prinsip kerja alat ini adalah mengalirkan udara di ruangan ke dalam LAF melalui dua filter, yaitu pre-filter dan HPEA (High Efficiency Particulate Air Filter). Ukuran pori-pori pada saringan pre-filter adalah 5 mm, sehingga efisiensinya dapat mencapai 95 mm untuk obyek yang lebih besar dari 95 mm. Sedangkan ukuran pori-pori saringan HEPA adalah 0,3 mm.

Udara yang berasal dari ruangan diambil dengan blower untuk kemudian melewati saringan pertama (pre-filter), kemudian udara selanjutnya memasuki filter kedua yang berupa HEPA. Dengan adanya dua saringan tersebut, kontaminasi di udara dapat diminimalisir. Kabinet LAF juga dilengkapi dengan Ultraviolet untuk menghilangkan pengotor dan mikroorganisme yang tidak diinginkan.


Alat Laminar Air Flow di Laboratorium Balai Konservasi Borobudur

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shopping Basket