KONSEP

Merupakan rancangan, ide atau pengertian yang diabstrakkan dari peristiwa konkret. Candi Borobudur merupakan bangunan berkonsep piramida yang dikenal dengan sebutan punden berundak. Jumlah kesepuluh lantainya, berkaitan dengan ajaran Dasabhumi dalam Buddhisme Mahayana, yaitu sepuluh tingkat perkembangan Boddhisattwa berupa sepuluh tindakan penyempurnaan yang harus dilakukan oleh Boddhisattwa untuk mencapai ke-Buddha-an.


Menurut Daigoro Chihara, di tahap awal pembangunannya Candi Borobudur mengikuti konsep Enam Paramitha (berbagai kebajikan demi penyempurnaan) dan kemudian di tahap – tahap akhir baru diperhatikan ketentuan Sepuluh Paramitha. Selain konsep diatas, menurut Daigoro Chihara, Soekmono dan Bernert Kempers; Candi Borobudur juga melambangkan sebuah Mandala.

Mandala dapat diartikan suatu objek yang luas yang berfungsi sebagai alat meditasi yang diwujudkan dalam sebuah konfigurasi kosmis, dimana pada bagian pusatnya terdapat tokoh dewa atau simbol dewa tertinggi yang dikelilingi oleh sejumlah dewa yang secara hierarkis kedudukannya lebih rendah.

Tags: No tags

Leave a Comment