KIMIA

adalah ilmu yang mempelajari mengenai komposisi, struktur, dan sifat zat atau materi dari skala atom hingga molekul serta perubahan atau transformasi serta interaksi mereka untuk membentuk materi yang ditemukan sehari-hari. Kimia juga mempelajari pemahaman sifat dan interaksi atom individu dengan tujuan untuk menerapkan pengetahuan tersebut pada tingkat makroskopik.


Menurut kimia modern, sifat fisik materi umumnya ditentukan oleh struktur pada tingkat atom yang pada gilirannya ditentukan oleh gaya antar atom dan ikatan kimia. Kimia sering disebut sebagai “ilmu pusat” karena menghubungkan berbagai ilmu lain, seperti fisika, ilmu bahan, nanoteknologi, biologi, farmasi, kedokteran, bioinformatika, dan geologi. Koneksi ini timbul melalui berbagai subdisiplin yang memanfaatkan konsep-konsep dari berbagai disiplin ilmu.


Bidang konservasi cagar budaya juga tidak lepas dari kimia. Konservasi harus dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah, sehingga harus diawali dengan pemahaman tentang materialnya, permasalahan pelapukan yang terjadi, faktor-faktor yang mempengaruhi, hingga pada konsep penanganannya.

Berbagai tahapan tersebut dapat dibantu dengan ilmua kimia melalui serangkaian analisis dan percobaan laboratorium. Ilmu kimia dapat membantu memahami secara lebih mudah material cagar budaya, perubahan-perubahan, dan pengendaliannya.

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *