KEBEN

adalah bagian kemuncak pada pagar langkan tingkat I Candi Borobudur, yang berbentuk seperti buah keben. Keben merupakan buah berbentuk kotak mirip piramida, yang dihasilkan dari pohon keben atau butun dengan nama ilmiah Barringtonia asiatica.


Pohon keben memiliki ciri-ciri merupakan pohon berkayu lunak memiliki diameter sekitar 50 cm dengan ketinggian 4-16 meter. Bentuk daunnya cukup besar, mengkilap dan berdaging, daun muda berwarna merah muda dan akan berubah menjadi kekuningan setelah tua. Bagian luar buah keben terdiri dari kulit berserabut dan di dalamnya terdapat tempurung. Dalam tempurung terdapat sebutir biji yang keras, berlendir dan berwarna putih. Buah keben memiliki bunga selebar 16 cm yang berwarna putih dengan benang sari berwarna merah muda. Buah keben berwarna hijau ketika muda dan akan menjadi kecokelatan setelah tua dan kering.


Keben merupakan ornamen hias arsitektural pada kemuncak struktur pagar langkan, struktur pagar halaman, ataupun struktur pembatas ruang. Pada Candi Borobudur, keben hanya dijumpai pada pagar langkan I.


Foto buah Keben


Keben sebagai ornamen hias arsitektural Candi Borobudur

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shopping Basket