KAPUR

adalah bahan yang diperoleh dari pembakaran batu kapur (gamping), yang biasa dipakai sebagai bahan campuran bangunan. Kapur secara kimia merupakan senyawa kalsium oksida yang diperoleh dari penguraian kalsium karbonat yang dipanaskan pada suhu tinggi. Di bidang pembangunan, kapur digunakan sebagai bahan campuran mortar (spesi atau acian) pada pasangan bata. Kapur bersama dengan campuran mortar dapat mengalami pengerasan sehingga dapat membentuk bangunan yang kokoh.


Pada kegiatan konservasi, mortar digunakan sebagai bahan pengisi nat (celah batu) untuk mengurangi masuknya air ke dalam struktur bangunan. Pada bangunan yang terbuat dari spesi dan plesteran seperti bangunan kolonial atau rumah tembok, kapur merupakan komponen utama dalam membuat mortar untuk perbaikan.

Kapur digunakan di Candi Borobudur sebagai komponen mortar pada pemugaran pertama tahun 1907-1911 oleh van Erp. Mortar tersebut digunakan untuk mengisi celah antar batu yang cukup lebar di bagian lantai selasar dan lantai teras stupa.

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *