KAPAL

adalah alat transportasi air sejenis perahu berukuran besar yang ditenagai dengan mesin atau angin. Kapal biasanya dipergunakan pada perairan dalam. Menurut komponen atau bagian-bagiannya, kapal dapat memiliki:

  1. Lunas, batang-batang kayu atau logam yang berada di bagian tengah yang merupakan inti struktur kerangka kapal tempat bersatunya rusuk dan lambung. Lunas pada umumnya dibuat lebih menonjol sehingga memiliki kemampuan untuk membelah air, panjang lunas menentukan pula panjang kapal secara keseluruhan.
  2. Lambung, bagian sisi kanan-kiri yang membentuk badan kapal.
  3. Rusuk, disebut juga gading-gading, yaitu batang-batang kayu atau logam yang membentuk sisi-sisi kapal
  4. Sirip, lembaran kayu atau logam di bagian bawah belakang kapal yang berfungsi sebagai pengarah
  5. Kemudi, alat pengendali arah yang dihubungkan ke sirip
  6. Tiang, batang kayu atau logam yang berdiri di tengah kapal sebagai tempat menambatkan layar. Banyak kapal yang memiliki tiang layar lebih dari satu. Pada jenis kapal ini, tiang yang paling tinggi disebut tiang utama, sedangkan tiang-tiang lain yang lebih pendek dan kecil ukurannya disebut tiang pembantu.
  7. Layar, tekstil atau tikar yang ditambatkan pada tiang untuk menangkap angin.
  8. Jangkar, pengait yang dibenamkan ke dasar sungai, danau, atau laut berfungsi sebagai penahan gerak kapal saat berhenti. Jangkar diikat dengan tali atau rantai yang ditambatkan pada haluan, umumnya terbuat dari logam atau kayu yang diberi pemberat batu.
  9. Anjungan, disebut juga anjung-anjung, bagian yang berbentuk ruangan beratap pada dek tempat juru mudi mengendalikan kapal.
  10. Haluan, bagian depan kapal. Biasanya pada bagian ini jangkar ditempatkan. Kapal-kapal yang dibuat untuk berlayar di laut memiliki haluan yang lebih tinggi dibandingkan dengan buritan. Kapal-kapal yang hanya melayari sungai, rawa, atau danau, haluannya dibuat sama tinggi atau sedikit lebih tinggi dari buritan. Bagian haluan yang dibuat melengkung disebut linggi.
  11. Dek, lantai penutup ruang kapal bagian atas
  12. Palka, ruang penyimpanan barang yang berada di bagian dalam kapal
  13. Buritan, bagian belakang kapal. Relief kapal di Candi Borobudur terdapat beberapa, namun yang paling terkenal adalah relief kapal Samudraraksa yang juga terdapat Museum Kapal Samudraraksa di dekat Candi Borobudur.

Relief kapal Candi Borobudur

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shopping Basket