KALIBRASI

menurut ISO/IEC Guide 17025 : 2005 dan Vocabulary of International Metrology

adalah kegiatan yang menghubungkan nilai yang ditunjukkan oleh instrument ukur atau nilai yang diwakili oleh bahan ukur dengan nilai-nilai yang sudah diketahui tingkat kebenarannya (yang berkaitan dengan besaran yang diukur) dalam kondisi tertentu. Nilai yang sudah diketahui biasanya merujuk ke suatu nilai dari kalibrator atau standar yang tentunya harus memiliki akurasi yang tinggi dari instrumen ukur yang dikalibrasi. (Biasa disebut unit under test atau UUT).

Kalibrasi berfungsi menjaga kendali mutu dengan memastikan kinerja dan akurasi berbagai instrumen yang digunakan melalui penentuan penyimpangan nilai standar dengan nilai yang ditunjukkan alat ukur atau dengan kata lain untuk dapat memastikan akurasi dari alat ukur tersebut sehingga instrument yang digunakan dapat menghasilkan pengukuran yang akurat.

Kalibrasi harus diterapkan pada setiap alat yang digunakan untuk mendukung pelestarian Candi Borobudur untuk menjamin keakuratan data. Antara lain alat monitoring kebisingan soundlevel, alat pemantau kualitas udara (air flow meter pump), pH meter, conductivity meterturbidity meter, dan lain-lain.

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *