DURIAN

adalah buah yang berkulit keras dan berduri tajam namun memiliki aroma yang khas. Pohon durian terpahatkan pada relief Candi Borobudur dan ditanam pada sisi barat laut dan tenggara. Durian memiliki nama ilmiah Durio zibethinus.

Tumbuhan Durian memiliki ciri-ciri tinggi pohon dapat mencapai 50 meter, bentuk tajuk pohon mirip segitga, kulit batang berwarna merah coklat gelap kasar dan terkadang terkelupas. Bentuk daun ada yang lonjong, melanset atau lonjong melanset. Bunga juga buah durian muncul langsung dari batang atau cabang cabang yang tua di bagian pangkal, berkelompok dalam karangan berisi 3 – 10 kuntum berbentuk tukal.

Kuncup bunganya membulat berdiameter sekitar 2 cm, dan bertangkai panjang. Kelopak bunga berbentuk tabung, daun kelopak tambahan terpecah menjadi 2 – 3 cuping berbentuk bundar telur. Mahkota bentuk sudip, berjumlah 5 helai, warna keputih-putihan. Bunga muncul dari pucuk dorman, mekar pada sore hari dan bertahan hingga beberapa hari. Kulit buahnya memiliki permukaan yang tebal. Berwarna hijau kekuning-kuningan, kecokelatan hingga keabu-abuan.


Relief Pohon Durian di Candi Borobudur

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *