BIOLOGI

merupakan cabang ilmu alam yang mempelajari tentang mahluk hidup. Biologi menjadi salah satu penunjang dalam pelestarian cagar budaya. Di dunia saat ini telah berkembang bidang ilmu konservasi (conservation science), adalah ilmu yang memandang pemeliharan, perawatan, dan pengawetan cagar budaya dari sudut pandang ilmu alam. Dimana ilmu biologi menjadi salah satu ilmu dasar yang mendukung berkembangnya ilmu tersebut.

Selain itu saat ini juga berkembang cabang ilmu bioarkeologi. Bioarkeologi adalah ilmu mempelajari rangka manusia dalam konteks arkeologi. Ilmu baru ini menjadi penghubung untuk memahami gaya hidup dan adaptasi yang dilakukan oleh masyarakat masa lampau. Studi bioarkeologi berhubungan dengan tiga aspek penting yakni pendekatan pada tingkat populasi, budaya dan beragam indicator tekanan yang berpola pada temuan rangka manusia.

Ahli bioarkeologi bekerjasama dengan ahli arkeologi melakukan ekskavasi sisa rangka manusia untuk mempelajari trauma, epidemik, kekurangan gizi dan penyakit-penyakit infeksi lainya.

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *