BENGKEL KERJA

adalah tempat melakukan aktivitas persiapan maupun tahapan konservasi Candi Borobudur. Bengkel kerja juga merupakan tempat untuk menyimpan peralatan dan perlengkapan yang digunakan sehari-hari untuk melakukan penanganan konservasi rutin maupun konservasi khusus pada struktur candi.

Peralatan dan sarana penanggulangan dampak bencana pada struktur candi juga disimpan dan dipersiapkan penggunaannya di bengkel kerja. Pada dasarnya bengkel kerja juga merupakan tempat transit petugas konservasi sebelum melakukan penanganan konservasi. Selain sebagai sarana dan prasaran penunjang dalam melakukan konservasi Candi Borobudur bengkel kerja juga dapat berfungsi sebagai sarana informasi kegiatan konservasi yang sehari-harinya dilakukan pada struktur candi.

Beberapa peralatan dan perlengkapan yang dijumpai pada bengkel kerja di antaranya, alat penggergajin batu, alat listrik, perlengkapan pembersihan kering, perlengkapan pembersihan basah menggunakan water pressure, scafolding, batu isian yang dikumpulkan dari sekeliling candi, penutup stupa dan lantai candi, dan lain-lain.

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *