BASA

adalah istilah untuk senyawa yang secara kimia cenderung menyumbangkan sepasang elektron untuk digunakan bersama-sama dan cenderung menerima proton. Kelompok senyawa ini merupakan pasangan dari asam (memiliki sifat kebalikan). Skala pengukuran tingkat asam-basa (pH) pada larutan adalah 0 – 14, di mana larutan dikatakan bersifat basa jika pH-nya lebih dari 7.

Tingkat kebasaan yang tinggi pada larutan disebabkan oleh adanya basa kuat dalam larutan, umumnya basa kuat merupakan senyawa hidroksida antara lain NaOH, KOH, Ca(OH)2 dan lain-lain. Senyawa tersebut dalam air akan terionisasi menghasilkan ion OH- yang menyebabkan pH menjadi meningkat.

Larutan basa dapat bereaksi dengan senyawa silika sehingga pada kadar tinggi dapat melapukkan batu andesit yang kaya silika. Oleh karena itu larutnya senyawa-senyawa basa dalam air yang mengalir pada batu-batu Candi sangat dihindari.

Di Candi Borobudur potensi larutnya senyawa basa bisa berasal dari beton yang ada dalam struktur candi, sehingga fungsi lapisan kedap air menjadi sangat penting untuk mencegah kebocoran.

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *