Ensiklopedia Borobudur

 

 

Akuifer

adalah lapisan tanah/batuan dibawah permukaan tanah yang mengandung air dan dapat mengalirkan air. Lapisan tanah di sekitar Candi Borobudur merupakan akuifer sehingga banyak dimanfaatkan untuk pembuatan sumur gali oleh penduduk.

 


Alur kunjung

adalah pola atau runtutan yang telah diatur dan diharapkan diikuti oleh pengunjung dalam melakukan pergerakan di suatu area atau objek wisata. Pergerakan pengunjung di taman wisata Candi Borobudur membentuk pola alur kunjung yang belum memaksimalkan area kawasan taman secara

 


Aluvial

adalah jenis tanah yang terbentuk karena endapan. Daerah endapan terjadi di sungai, danau yang berada di dataran rendah, ataupun cekungan yang memungkinkan terjadinya endapan. Area persawahan bekas danau purba di sekitar Candi Borobudur merupakan endapan aluvial.

 


Angin

adalah udara yang bergerak dari daerah udara bertekanan tinggi menuju ke daerah bertekanan rendah, dari daerah. Angin merupakan salah satu unsur iklim yang diamati setiap hari di stasiun klmatologi yang berada di Kantor Balai Konservasi Borobudur untuk mengamati iklim mikro

 


Asongan

adalah sebutan untuk pedagang yang berpindah-pindah tidak menetap. Di kawasan objek wisata Candi Borobudur dijumpai ratusan pedagang asongan yang menjajakan cinderamata, minuman, atapun makanan.

 


Bedrock

adalah sebuah lapisan bawah permukaan bumi yang cocok untuk mendukung struktur.

 


Bentang alam

adalah panorama alam yang disusun oleh elemen-elemen geomorfologi dalam dimensi yang lebih luas dari lereng; pemandangan alam atau daerah dengan aneka ragam bentuk-bentuk permukaan bumi yang terhampar di atasnya, seperti pegunungan, gunung, perbukitan, lembah, hutan, daratan dan sebagainya sekaligus

 


Bentang Lahan

Merupakan bentangan permukaan bumi dengan seluruh fenomenanya, yang mencakup bentuk lahan, tanah, vegetasi, dan atribut-atribut, yang dipengaruhi oleh aktivitas manusia.

Status Candi Borobudur sebagai Warisan Budaya Dunia, dengan pengaturan pengendalian tata ruang berdasarkan Perpres KSN dalam rangka melindungi bentang

 


Bentuk lahan

adalah kenampakan permukaan bumi yang terjadi akibat genesis tertentu, sehingga menimbulkan bentuk khas, yang mencirikan beberapa sifat fisik material akibat dari proses alami yang dominan dan dapat pula dikaitkan dengan struktur tertentu dalam perkembangannya.

Bentuk lahan Candi Borobudur adalah

 


Buffer

kata dari bahasa Inggris yang berarti penyangga; penahan, umumnya istilah ini dipergunakan untuk penghijauan/penanaman pohon-pohon untuk menahan kebisingan suara/panasnya sinar matahari di suatu lingkungan.

 


Buffer zone

atau zona penyangga adalah wilayah yang mengelilingi atau berdampingan dengan area inti dan teridentifikasi, untuk melindungi area inti dari dampak negatif kegiatan manusia. Dimana hanya kegiatan-kegiatan yang sesuai dengan tujuan konservasi yang dapat dilakukan.

Buffer zone Candi Borobudur adalah

 


Bukit

adalah suatu wilayah bentang alam yang memiliki permukaan tanah yang lebih tinggi dari permukaan tanah di sekelilingnya namun dengan ketinggian relatif rendah dibandingkan dengan gunung. Candi Borobudur didirikan pada sebuah bukit yang sekaligus berfungsi sebagai tanah dasar (pondasi candi).

 


Bukit Menoreh

adalah nama bukit yang memanjang di sebelah Selatan Candi Borobudur yang dalam mitosnya sering dikaitkan dengan Gunadarma, yaitu Sang Arsitek Candi Borobudur yang sedang telentang tidur.

Perbukitan Menoreh di sebelah Selatan Candi Borobudur

 


Cagar Budaya

atau cultural reservation area merupakan kawasan suaka budaya yang karena bangunan maupun budayanya mempunyai nilai sejarah yang cukup penting yang pantas untuk dilindungi. Candi Borobudur yang dibangun pada abad ke-VIII merupakan salah satu peninggalan kebudayaan Indonesia.

Berdasarkan Surat Keputusan

 


Cagar Budaya Nasional

adalah Cagar Budaya peringkat nasional yang ditetapkan Menteri sebagai prioritas nasional. Kompleks Candi Borobudur baru ditetapkan sebagai Kawasan Cagar Budaya tingkat Nasional pada tahun 2014 walaupun telah menjadi Warisan Budaya Dunia (World Cultural Heritage) sejak tahun 1991.

 


Citra

adalah gambaran yang terekam oleh kamera atau sensor lainnya. Citra Satelit merupakan citra yang dihasilkan dari pemotretan menggunakan wahana satelit. Citra satelit ini merupakan salah satu media yang diperlukan dalam rangka kegiatan monitoring kawasan Borobudur.

Tampilan citra Ikonos Candi Borobudur

 


Core zone

atau zona inti adalah adalah zona I dimana terletak Candi Borobudur sebagai pusatnya (lihat keterangan mengenai zona). Pada area inti, selain Candi Borobudur, hanya terdapat bangunan pendukung, yaitu pos keamanan dan bunker yang sudah ada sejak pemugaran, selebihnya adalah

 


Course

dalam bahasa Inggris berarti jalan; susunan batu bata atau lempengan batu untuk membuat dinding.

Concourse

Pertemuan; terbuka; tempat terbuka di stasiun; persimpangan jalan; lorong lebar di sebuah gedung di mana orang bisa berjalan

Di kawasan Candi Borobudur, terdapat

 


Danau

Sejumah air (tawar atau asin) yang terakumulasi di suatu tempat yang cukup luas yang dapat terjadi karena mencairnya gletser, aliran sungai atau adanya mataair; Daerah cekungan di daratan yang cukup luas dan terisi oleh air.

Berdasarkan penelitian berbagai ahli

 


Danau Purba

Berdasarkan hasil kajian yang dilakukan oleh Dr. Helmy Murwanto, Candi Borobudur berdiri di atas bukit kecil berbetuan beku dan vulkanik yang sangat lapuk berumur tersier. Pada lingkungan di sekeliling bukit tersebut dijumpai dataran lakustrin bekas Danau Borobudur.

Bukti adanya