Ensiklopedia Borobudur

 

 

Accelerograph

Merupakan alat yang berfungsi untuk mengukur getaran tanah/lantai yang ada di candi Borobudur. Alat ini menampilkan data getaran dalam rupa grafik akselerasi getaran terhadap waktu. Dengan bantuan software, data tersebut dapat diubah ke dalam bentuk grafik kecepatan getaran terhadap

 


Amplas

adalah sejenis kertas yang digunakan untuk membuat permukaan benda-benda menjadi lebih halus dengan cara menggosokkan salah satu permukaan amplas yang telah ditambahkan bahan yang kasar kepada permukaan benda tersebut. Halus dan kasarnya kertas amplas ditunjukkan oleh angka yang tercantum

 


Anak Panah

adalah senjata penusuk yang dilontarkan dengan busur panah. Anak panah terbuat dari tangkai kayu, rotan, atau bambu berujung runcing. Anak panah terdiri atas tiga bagian, yaitu mata panah, tangkai panah, dan sirip. Tidak semua anak panah memiliki tiga komponen

 


Anemometer

adalah alat yang berfungsi untuk mengukur kecepatan angin di suatu tempat secara otomatis dengan satuan meter per detik. Alat ini merupakan salah satu alat yang ada di stasiun klimatologi Candi Borobudur dan berguna untuk monitoring mikroklimatologi lingkungan Candi Borobudur

 


Angkur

adalah suatu batang keras yang terbuat dari logam atau bahan lainnya yang berfungsi mengukuhkan sambungan antara dua benda yang disatukan. Penggunaan angkur banyak dilakukan pada penyambungan batu dengan ukuran yang cukup besar, misalnya pada penyambungan leher arca yang patah.

 


Autoclave

merupakan salah satu alat yang digunakan untuk sterilisasi medium percobaan di laboratorium Balai Konservasi Borobudur. Sistem kerja alat tersebut menggunakan uap air bertekanan. Saat ini alat tersebut sudah dioperasikan secara digital.

 


Autolevel

Merupakan alat utama dalam melakukan leveling survey yang berfungsi untuk menentukan jarak horizontal maupun vertikal suatu titik (stasiun). Agar alat ini dapat digunakan dengan baik, maka diperlukan tripod, yang berfungsi untuk mendudukkan autolevel tersebut serta sebuah rod titik/stasiun yang

 


Automatic Weather Station

Merupakan suatu peralatan atau sistem terpadu yang didisain untuk mengumpulkan data cuaca secara otomatis serta diproses agar pengamatan menjadi lebih mudah. AWS dilengkapi dengan sensor, RTU (Remote Terminal Unit), komputer, unit LED Display dan bagian-bagian lainnya.

Sensor-sensor yang digunakan

 


Autotitrator

adalah alat yang mampu melakukan hampir semua analisis titrasi volumetri seperti asidi alkali, argentometri, kompleksiometri, dan reaksi redoks secara otomatis menggunakan pengontrol berupa mikroprosesor. Prinsip dari autotitrator menggunakan prinsip potensiometri, pengukuran berdasarkan potensial sel elektrokimia secara otomatis oleh sebuah

 


Ayakan bertingkat

adalah alat yang dipakai untuk mengelompokkan butiran, yang akan dipisahkan menjadi beberapa kelompok. Dengan demikian dapat dipisahkan anatara partikel lolos ayakan dan yang tertinggal di ayakan. Ukuran butiran tertentu yang masih dapat melintasi ayakan dinyatakan sebagai butiran batas.

Ayakan

 


Baji

adalah kayu seukuran usuk dipotong miring untuk mengatur ketinggian batu yang akan dipasang. Alat ini biasa digunakan saat dilakukan pekerjaan perbaikan seperti penanganan kebocoran di Candi Borobudur.

 


Bak Kontrol

Merupakan bak berlubang lengkap dengan tutup di atasnya yang umumnya perlu ditempatkan pada saluran drainase. Selain itu bak kontrol juga perlu ditempatkan jika ada perubahan ukuran saluran dan perubahan kemiringan saluran. Bak kontrol terdapat pada saluran drainase Candi Borobudur.

 


Base Transceiver Station

atau BTS adalah sebuah infrastruktur telekomunikasi yang memfasilitasi komunikasi nirkabel antara piranti komunikasi dan jaringan operator. Piranti komunikasi penerima sinyal BTS bisa telepon, telepon seluler, jaringan nirkabel sementara operator jaringan yaitu GSM, CDMA, atau platform TDMA.

Menara telekomunikasi yang

 


Batang L

atau spreader adalah alat yang berfungsi untuk menyebarkan cairan dipermukaan medium agar, supaya bakteri yang tersuspensi dalam cairan tersebut tersebar merata. Batang L digunakan untuk meratakan medium agar yang tersuspensi dalam cairan pada proses pembiakan bakteri maupun jamur pada

 


Bejana

adalah wadah yang berfungsi sebagai tempat menyimpan atau menampung sesuatu. Bejana umumnya berbentuk silinder, lingkar mulutnya sama atau mendekati sama dengan lingkar bagian dasar, benda berongga yang dapat diisi dengan cairan atau serbuk dan digunakan sebagai wadah; bak (tempat

 


Bengkel Kerja

adalah tempat melakukan aktivitas persiapan maupun tahapan konservasi Candi Borobudur. Bengkel kerja juga merupakan tempat untuk menyimpan peralatan dan perlengkapan yang digunakan sehari-hari untuk melakukan penanganan konservasi rutin maupun konservasi khusus pada struktur candi.

Peralatan dan sarana penanggulangan dampak

 


Botol semprot

atau botol reagen adalah alat yang terbuat dari plastik, digunakan sebagai tempat menyimpan larutan atau zat cair, menyemprot dan menambahkan akuades dalam jumlah sedikit, membilas dan menetralisir peralatan-peralatan yang akan digunakan.

Botol semprot digunakan untuk membilas peralatan yang mendukung

 


Buret

adalah alat yang terbuat dari kaca, digunakan untuk menampung larutan yang digunakan sebagai titran pada proses titrasi. Buret memiliki ukuran bervariasi antara lain 10 ml, 20 ml, dan 25 ml. Skala pada buret bervariasi mulai 0,01 - 0,02 ml.

 


Busur

adalah senjata terbuat dari kayu atau logam berbentuk lengkung, ujung-ujungnya dihubungkan dengan tali atau dawai untuk melontarkan anak panah. Busur yang digunakan untuk melontarkan anak panah disebut busur panah. Penggambaran busur terdapat pada relief cerita Candi Borobudur.

 


Campbell stokes

adalah alat yang digunakan untuk mengukur lama penyinaran matahari pada suatu periode tertentu yang dapat dinyatakan dalam satuan waktu (jam) atau persen.

Prinsip kerja dari Campbell stokes ini adalah sinar matahari yang tepat jatuh pada sekeliling permukaan bola kaca